skip to Main Content

KETENTUAN UMUM

CALON SANTRI/ SISWA BARU

PONDOK PESANTREN TERPADU DARUSSYIFA AL-FITHROH

YAYASAN SOSIAL DAN PENDIDIKAN ISLAM DARUSSYIFA AL-FITRAT

PERGURUAN YASPIDA SUKABUMI

TAHUN AJARAN 2022/2023

PENDAFTARAN

Luring (offline) / Langsung

    1. Calon Pendaftar mendatangi Sekretariat Pendaftaran yang beralamat di Parungseah No. 43 KM. 4, Desa Cipetir, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi Prov. Jawa Barat, Kode Pos 43153 Telp. 0266 624 9758.
    2. Petugas Penerimaan mempersilahkan Calon Pendaftar untuk duduk di tempat yang disediakan.
    3. Petugas Penerimaan dan Calon Pendaftar melakukan komunikasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Yaspida.
    4. Setelah dirasakan cukup, Petugas Penerimaan mempersilahkan Calon Pendaftar untuk mengisi Formulir Pendaftaran.
    5. Setelah Formulir Pendaftaran diisi, Petugas Penerimaan melakukan pengecekan kembali kelengkapan data yang diisi dalam Formulir Pendaftaran. Jika ada data yang belum lengkap, Petugas Penerimaan mempersilahkan Calon Pendaftar untuk melengkapi kembali.
    6. Setelah Formulir Pendaftaran diisi dengan lengkap, Petugas Penerimaan membuat kwitansi pembayaran pendaftaran dan memasukkan data awal pada PSSB.
    7. Calon Pendaftar membayar biaya pendaftaran sesuai dengan nominal yang tertera dalam kwitansi pembayaran.
    8. Petugas Penerimaan menerima uang pendaftaran sesuai dengan nominal yang tertera dalam kwitansi pembayaran.
    9. Petugas Penerimaan menyerahkan salinan kwitansi pembayaran beserta Tanda Bukti Terdaftar Calon Pendaftar.
    10. Petugas Penerimaan meminta Calon Pendaftar untuk menyerahkan Berkas Persyaratan yang sudah ditentukan.
    11. Calon Pendaftar menerima Bukti Penerimaan Berkas.
    12. Petugas Penerimaan mempersilahkan Calon Pendaftar untuk melanjutkan kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya oleh Calon Pendaftar.
    13. Petugas Penerimaan melakukan pembaharuan data Calon Pendaftar pada

 

Download Formulir Pendaftaran

Download U/Rincian Biaya

 

Daring (online) dengan Persetujuan Sistem

    1. Calon Pendaftar mengakses laman https://yaspidasukabumi.or.id/pssb untuk melakukan pendaftaran secara daring (panduan disediakan secara terpisah).
    2. Calon Pendaftar mengisi Formulir Pendaftaran yang disediakan dalam
    3. Calon Pendaftar mengakses halaman yang ditentukan untuk membayar biaya pendaftaran dengan tata cara dan nominal sesuai.
    4. PSSB melakukan persetujuan pendaftaran.
    5. Calon Pendaftar mendapatkan Tanda Bukti Terdaftar.
    6. Calon Pendaftar mengirim berkas persyaratan ke Sekretariat Pendaftaran dan hasil scan-nya ke email berkas@yaspidasukabumi.or.id dengan Subjek: Berkas<spasi>nomor_pendaftaran.
    7. Jika berkas sesuai ketentuan, Calon Pendaftar menerima Bukti Penerimaan Berkas.

 

Daring (online) dengan Persetujuan Admin

    1. Calon Pendaftar mengakses laman https://yaspidasukabumi.or.id/pssb untuk melakukan pendaftaran secara daring (panduan disediakan secara terpisah).
    2. Calon Pendaftar mengisi Formulir Pendaftaran yang disediakan dalam
    3. Calon Pendaftar mengirim biaya pendaftaran ke nomor rekening yang ditunjuk
    4. Calon Pendaftar melakukan konfirmasi pembayaran biaya pendaftaran melalui mekanisme yang ditentukan oleh
    5. Petugas Penerimaan melakukan pengecekkan pembayaran dan persetujuan pendaftaran.
    6. Calon Pendaftar mendapatkan Tanda Bukti Terdaftar.
    7. Calon Pendaftar mengirim berkas persyaratan ke Sekretariat Pendaftaran dan hasil scan-nya ke email berkas@yaspidasukabumi.or.id dengan Subjek: Berkas<spasi>nomor_pendaftaran.
    8. Jika berkas sesuai ketentuan, Calon Pendaftar menerima Bukti Penerimaan Berkas.

 

KETENTUAN BERKAS

    1. Berkas Persyaratan
    2. Fotocopy dan Scan KTP Orang Tua/Wali sebanyak 1 lembar
    3. Fotocopy dan Scan Kartu Keluarga (KK) sebanyak 1 lembar
    4. Fotocopy dan Scan Akta Kelahiran Anak sebanyak 1 lembar
    5. Fotocopy dan Scan Surat Keterangan dari Sekolah (Surat Keterangan Berkelakuan baik/Surat Aktif Sekolah/dsb) yang minimal mencantumkan Nama dan NISN.
    6. Foto Berwarna ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar di tempel di formulir
    7. Berkas Daftar Ulang
    8. Menyerahkan Fotocopy Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan KTP Orang Tua/Wali
    9. Menyerahakn Fotocopy Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Jenjang Sebelumnya
    10. Menyerahkan Fotocopy Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKB) dari Sekolah/Madrasah asal atau Instansi yang berwenang.
    11. Menyerahkan Fotocopy Ijazah dan SKHUN yang dilegalisir.
    12. Pas Foto berwarna 2×3 & 3×4 masing-masing 3 lembar.
    13. Fotocopy Kartu NISN.
    14. Mengisi Surat Pernyataan Siap mengikuti Ketentuan Sekolah dan Pesantren
    15. Khusus bagi calon santri/ siswa pindahan*** wajib menyerahkan raport asli, menyerahkan model 3855, surat keterangan pindah ( dari sekolah/madrasah asal dan di ketahui dinas setempat).

 Tambahan:

    • Surat Hasil Rapid Test Antigen
    • Mengisi Surat Pernyataan Kesediaan Mondok.
    • Mengisi Surat Pernyataan Keabsahan Berkas.

 

DAFTAR ULANG

Daftar ulang berlaku bagi Calon Pendaftar yang sudah lolos test masuk (jika diberlakukan test masuk).

    1. Calon Pendaftar membayar biaya awal masuk dengan minimal pembayaran sebesar 800.000,-.
    2. Calon Pendaftar melakukan konfirmasi pembayaran jika pembayaran dilakukan melalui transfer.
    3. Calon Pendaftar mengisi dan menyerahkan/mengirimkan Surat Pernyataan Siap mengikuti Ketentuan Sekolah dan Pesantren.
    4. Petugas Penerimaan membuat kwitansi pembayaran.
    5. Petugas Penerimaan menyerahkan kwitansi pembayaran.

KEUANGAN

SEMUA KEUANGAN YANG MASUK TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN DENGAN ALASAN APAPUN.

Pembayaran daftar dan biaya sekolah/ pondok bisa melalui transfer ke :
No. Rekening yayasan
No. rekening BRI : 00920103576550 An: Hj. Lani Melani
No. rekening BCA : 0381932761 An: Lani Melani DRA

(Ketika Bapak/ibu sudah melakukan transfer mohon konfirmasi dengan mengirimkan bukti transfer dan Nomor Pendaftaran/Registrasi ke 085722227925 (Andi Suandi, S.Pd.)

Link daftar online https://yaspidasukabumi.or.id/pssb/

 

 PERUBAHAN DATA DIRI CALON PENDAFTAR

Perubahan data dapat dilakukan melalui:

    1. Akses laman https://yaspidasukabumi.or.id/pssb/portal, atau
    2. Mengisi kembali Formulir Pendaftaran dan menyerahkannya kepada Petugas Penerimaan.

 

PERUBAHAN DATA SEKOLAH/JURUSAN CALON PENDAFTAR

    1. Calon Pendaftar mengisi Formulir Perubahan Komponen.
    2. Calon Pendaftar menghubungi Petugas Penerimaan untuk konfirmasi pengisian Formulir Perubahan Komponen.
    3. Petugas Penerimaan memproses Formulir Perubahan Komponen.
    4. Calon Pendaftar menerima Tanda Bukti Terdaftar

 

PENGUMPULAN BERKAS CALON PENDAFTAR

    1. Calon Pendaftar mendatangi tempat pengumpulan berkas yang sudah ditentukan.
    2. Calon Pendaftar melampirkan Bukti Penerimaan Berkas untuk Berkas Persyaratan beserta Berkas Daftar Ulang kepada Petugas Penerimaan.
    3. Jika Bukti Penerimaan Berkas untuk Berkas Persyaratan tidak ada, Petugas Penerimaan meminta Calon Pendaftar untuk memenuhi ketentuan untuk Berkas Persyaratan. Jika Bukti Penerimaan Berkas untuk Berkas Persyaratan sudah ada, lanjut ke point selanjutnya.
    4. Petugas Penerimaan mengecek ulang kelengkapan Berkas Daftar Ulang.
    5. Jika berkas lengkap, Petugas Penerimaan memberikan Bukti Penerimaan Berkas Daftar Ulang kepada Calon Pendaftar.

A. PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Menghubungi Sekolah Tujuan Terlebih dahulu untuk mendapatkan surat penerimaan (Bagi Pindahan).
  2. Mengisi dan Menyerahkan Formulir Pendaftaran
  3. Membayar Biaya Pendaftaran
  4. Melengkapi Berkas Persyaratan
  5. Mengikuti Test Masuk untuk Pendaftar ke SMP IT YASPIDA dan MTS YASPIDA
  6. Melakukan Daftar Ulang
  7. Melengkapi Berkas Daftar Ulang
  1. BERKAS PERSYARATAN*
  2. Scan KTP Orang Tua/Wali
  3. Scan Kartu Keluarga (KK)
  4. Scan Akta Kelahiran Anak
  5. Scan Surat Keterangan dari Sekolah (Surat Keterangan Berkelakuan baik/Surat Aktif Sekolah/dsb) yang minimal mencantumkan Nama dan NISN.
  6. File Foto Berwarna ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar di tempel di formulir dan soft filenya.

* Hasil Scan/Softfile diupayakan dari berkas asli kemudian di kirim ke email pendaftaran@yaspidasukabumi.or.id dengan Subjek: Berkas<spasi>NomorPendaftaran.

B. KETENTUAN PEMONDOKAN

1. Disediakan lemari pakaian (sistem sewa selama tinggal)
2. Disediakan kasur dengan sistem hak milik
3. Makan 2 x sehari ( Pagi dan Sore)
4. Memiliki kitab pengajian (sesuai tingkatan/ kelas)

C. KETENTUAN SERAGAM

NOTINGKATJENIS PAKAIAN

1SD ISLAM TERPADUPDU
PDH
Batik
Seragam Olahraga
Pramuka
Dasi
Baju Muslim
Jas Almamater Pesantren
Jas Almamater Sekolah

2SMP ISLAM TERPADU / MTs YASPIDAPDU
PDH
Batik
Seragam Olahraga
Pramuka
Dasi
Jas Almamater Sekolah
Jas Almamater Pesantren
Baju muslim

3SMA PLUS / MA YASPIDAPDU
PDH
Batik
Seragam Olahraga
Dasi
Jas Almamater Sekolah
Jas Almamater Pesantren

4SMK TERPADU 1 (STM)/ SMK AGRIBISNIS TERPADUPDU
PDH
Seragam Olahraga
Wearpak (Baju Praktek)
Dasi
Jas Almamater Pesantren
Jas Almamater Sekolah
Batik

5SMK TERPADU 2 (SMEA)PDU
PDH
Seragam Olahraga
Jas Almaamter Sekolah
Dasi
Jas Almamater Pesantren
Baju Praktek
Batik

D. JADWAL KEGIATAN SANTRI/ SISWA

NOWAKTU KEGIATANJENIS KEGIATANTEMPAT

1KEPESANTRENAN
03.30 – 04.10 WIBQiyam Al-LailMasjid
04.10 – 05.00 WIBShalat Subuh berjamaah dan dzikirMasjid
05.00 – 06.15 WIBPengajian KitabKelas
06.15 – 07.00 WIBMakan pagi dan persiapan kegiatan sekolahAsrama/ Pondok

2SEKOLAH
07.00 – 07.30 WIBTadarus dan Shalat Duha BersamaMasjid
07.40 – 10.20 WIBKegiatan belajar mengajar ( KBM)Kelas
10.20 – 10.40 WIBIstirahat
10.40 – 11.59 WIBKegiatan Belajar Mengajar (KBM)Kelas
11.59 – 12.30 WIBShalat Dzuhur berjama’ahMasjid
12.30 – 13.45 WIBKegiatan Belajar Mengajar (KBM)Kelas
13.45 – 14.00 WIBIstirahat
14.00 – 15.20 WIBKegiatan EktrakurikulerDisesuaikan

3KEPESANTRENAN
15.25 – 15.40 WIBShalat Ashar Berjama’ahMasjid
15.40 – 17.10 WIBPengajian KitabMasjid
17.10 – 18.00 WIBMakan Sore dan Persiapan menjelang Shalat Magrib
18.14 – 18.40 WIBShalat maghrib Berjama’ahMasjid
18.40 – 21.00 WIBPengajian KitabKelas
21.00 – 22.00 WIBBelajar MalamPondok
22.00 – 03.30 WIBIstirahat MalamPondok

Catatan.
❖ Khusus Malam Jum’at : Tawasulan dan Dzikir
❖ Khusus bada berjamaah Subuh : Dzikir dan membaca Surat Yasiin
❖ Hari Jum’at ba’da Shubuh : Membaca Surat Yasiin, Al-Mulk, Al-Kahfi dan Surat Al-Waqiah
❖ Pengajian Hari Jum’at Sore : Qiroatul Qur’an (Lughomah)
❖ Malam Ahad : Latihan dakwah, Shalawat dan Albarjanji (Muhadloroh)

E. PENGAJIAN KITAB

NO

KELASNAMA KITAB

TEMPAT

1PersiapanIqra/ Al-Qur’anKelas
Jurumiyyah
Safinah
Tijan Daruri
Mukhtar Al Hadits

21 (Satu)Al-Qur’anKelas
Jurumiyyah
Safinah
Tijan Daruri
Tuhfatul Athfal
Akhlaq Lil Banin
Ta’lim Muta’lim
Mukhtar Al-Hadits
Tasrifan
Yakulu
Imriti

 

32 (Dua)Al-Qur’anKelas
Jurumiyyah
Safinah
Tijan Daruri
Tuhfatul Athfal
Khulashoh Nurul yaqin 1 & 2
Ta’lim Muta’lim
Mukhtar Al-Hadits
Sorfu Kaelani
Tashrifan
Qiyasan
Hadits Al Arba’in
Narqib (I’roban)

43 (Tiga)Al-Qur’anKelas/Masjid
Tafsir Jalalain
Durrotun Nasihihin
Fathul Qarib
Kifayatul Akhyar
Alfiyah
Fathul Mu’in
Bulughul Marom
Muroqiyyul Ubudiyah
Kifayatul Awam
Ta’lim Muta’lim
Mukhtar Al Hadits
Imriti
Yakulu
Tanwirul Qulub

 

F. FASILITAS SEKOLAH

·       Ruang kelas milik sendiri·       Ruang Sekretariat PASPAMDA
·       Ruang praktek listrik·       Ruang Sekretariat POLSANDA
·       Ruang praktek teknik kendaraan ringan·       Musik Room
·       Ruang perpustakaan yang refresentatif·       Lab. Sekretaris
·       Lab. Komputer·       Lab. Farmasi
·       Lab. Administrasi Perkantoran·       Lab. Multimedia
·       Lab. IPA·       Klinik santri
·       Lab. Mesin·       Ruang penyiaran radio Darussyifa
·       Sarana perkantoran tiap komponen·       Lapang basket
·       Kantin sekolah/ Koperasi·       Lapang futsal
·       Ruang OSIS dan BP·       Lapang bola voli
·       Ruang struktural dan guru·       Lapang bulu tangkis
·       Ruang kesiswaan·       Lapangan tenis meja
·       Ruang ekstrakurikuler·       Gedung Olahraga dan Seni Santri
·       Ruang Sekretariat PASGARRDA·       Gedung Auditorium
·       Ruang praktek teknik komputer jaringan·       Jasa Foto Copy dan ATK
·       Warung internet

G. FASILITAS PESANTREN

GFASILITASNOFASILITAS
1Masjid11Tempat Peristirahatan Orang Tua
2Majlis12Kantor pengurus/ organisasi santri Unit Usaha :
3Ruang Pengajiana.      Sapi Perah
4Kamar/ Asrama Putrib.      Budidaya Perikanan
5Kamar Mandi+WC Putrac.       Budidaya Pertanian
6Kamar/ Asrama Putrad.      AMDK
7Kamar Mandi+WC Putri13Klinik Kesehatan Santri
8Koperasi Putera dan Putri (kantin santri)14Program Tahunan :
9Pusat pembelajaran santria.      Ziarah Wali Songo
10Sarana konsultasi santrib.      Pelaksanaan Qurban
c.       PHBI
15Pusat Informasi Pesantren
16Darussyfa Laundry

H. KEGIATAN EXTRAKURIKULER

NOKEGIATANNOKEGIATAN
1Marawis, Qasidah dan Hadroh13Kaligrafi
2Pidato Dua Bahasa14English Club dan Arabic club
3Drum Band/ Marching Band15Pencak Silat
4Band Islami16Bidang Olah Raga (volley ball, basket, futsal, memanah, berkuda, karate, tekwondo dll)
5Wirausaha (beternak sapi kerbau dan domba), perikanan dan pertanian17Dakwatul Islamiah
6PASKIBRA18Rental Komputer
7PRAMUKA19Kursus Komputer
8PASPAMDA20Pecinta Alam
9PASGARRDA21Sains club
10POLSANDA22Tahfidzul Quran
11PMR23Kursus mengemudi
12Qiroat

Jadwal Pendaftaran SMP IT & MTS
1. Gelombang 1 : 03 Januari s/d 05 Maret 2022
2. Gelombang 2 : 07 Maret s/d 07 Mei 2022
3. Gelombang 3 : 09 Mei s/d 02 Juli 2022

Jadwal Tes Masuk SMP IT & MTs
1. Gelombang 1 : 06 Maret 2022
2. Gelombang 2 : 08 Mei 2022
3. Gelombang 3 : 03 Juli 2022
Waktu Tes : 08.00 WIB s/d Selesai

Materi Tes Masuk SMP IT & MTs
1. Tes akademik, ( PAI, Matematika, IPA, B.Inggris)
2. Tes BTQ, Kaifiyah ibadah, Hapalan do’a harian
3. Tes wawancara (calon santri dan orang tua)

Jadwal daftar ulang dan Pemberkasan
1. Gelombang 1 : 28 s/d 5 Maret 2022 (SD/SLTA), 06 Maret 2022
(SMP/MTS)
2. Gelombang 2 : 2 s/d 7 Mei 2022 (SD/SLTA), 08 Mei 2022 (SMP/MTS)
3. Gelombang 3 : 4 s/d 9 Juli 2022 (SD/SLTA), 03 Juli 2022 (SMP/MTS)

Back To Top