KETENTUAN UMUM
CALON SANTRI/ SISWA BARU
PONDOK PESANTREN TERPADU DARUSSYIFA AL-FITHROH
YAYASAN SOSIAL DAN PENDIDIKAN ISLAM DARUSSYIFA AL-FITRAT
PERGURUAN YASPIDA SUKABUMI
TAHUN AJARAN 2022/2023
PENDAFTARAN
Luring (offline) / Langsung
- Calon Pendaftar mendatangi Sekretariat Pendaftaran yang beralamat di Parungseah No. 43 KM. 4, Desa Cipetir, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi Prov. Jawa Barat, Kode Pos 43153 Telp. 0266 624 9758.
- Petugas Penerimaan mempersilahkan Calon Pendaftar untuk duduk di tempat yang disediakan.
- Petugas Penerimaan dan Calon Pendaftar melakukan komunikasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Yaspida.
- Setelah dirasakan cukup, Petugas Penerimaan mempersilahkan Calon Pendaftar untuk mengisi Formulir Pendaftaran.
- Setelah Formulir Pendaftaran diisi, Petugas Penerimaan melakukan pengecekan kembali kelengkapan data yang diisi dalam Formulir Pendaftaran. Jika ada data yang belum lengkap, Petugas Penerimaan mempersilahkan Calon Pendaftar untuk melengkapi kembali.
- Setelah Formulir Pendaftaran diisi dengan lengkap, Petugas Penerimaan membuat kwitansi pembayaran pendaftaran dan memasukkan data awal pada PSSB.
- Calon Pendaftar membayar biaya pendaftaran sesuai dengan nominal yang tertera dalam kwitansi pembayaran.
- Petugas Penerimaan menerima uang pendaftaran sesuai dengan nominal yang tertera dalam kwitansi pembayaran.
- Petugas Penerimaan menyerahkan salinan kwitansi pembayaran beserta Tanda Bukti Terdaftar Calon Pendaftar.
- Petugas Penerimaan meminta Calon Pendaftar untuk menyerahkan Berkas Persyaratan yang sudah ditentukan.
- Calon Pendaftar menerima Bukti Penerimaan Berkas.
- Petugas Penerimaan mempersilahkan Calon Pendaftar untuk melanjutkan kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya oleh Calon Pendaftar.
- Petugas Penerimaan melakukan pembaharuan data Calon Pendaftar pada
Daring (online) dengan Persetujuan Sistem
- Calon Pendaftar mengakses laman https://yaspidasukabumi.or.id/pssb untuk melakukan pendaftaran secara daring (panduan disediakan secara terpisah).
- Calon Pendaftar mengisi Formulir Pendaftaran yang disediakan dalam
- Calon Pendaftar mengakses halaman yang ditentukan untuk membayar biaya pendaftaran dengan tata cara dan nominal sesuai.
- PSSB melakukan persetujuan pendaftaran.
- Calon Pendaftar mendapatkan Tanda Bukti Terdaftar.
- Calon Pendaftar mengirim berkas persyaratan ke Sekretariat Pendaftaran dan hasil scan-nya ke email berkas@yaspidasukabumi.or.id dengan Subjek: Berkas<spasi>nomor_pendaftaran.
- Jika berkas sesuai ketentuan, Calon Pendaftar menerima Bukti Penerimaan Berkas.
Daring (online) dengan Persetujuan Admin
- Calon Pendaftar mengakses laman https://yaspidasukabumi.or.id/pssb untuk melakukan pendaftaran secara daring (panduan disediakan secara terpisah).
- Calon Pendaftar mengisi Formulir Pendaftaran yang disediakan dalam
- Calon Pendaftar mengirim biaya pendaftaran ke nomor rekening yang ditunjuk
- Calon Pendaftar melakukan konfirmasi pembayaran biaya pendaftaran melalui mekanisme yang ditentukan oleh
- Petugas Penerimaan melakukan pengecekkan pembayaran dan persetujuan pendaftaran.
- Calon Pendaftar mendapatkan Tanda Bukti Terdaftar.
- Calon Pendaftar mengirim berkas persyaratan ke Sekretariat Pendaftaran dan hasil scan-nya ke email berkas@yaspidasukabumi.or.id dengan Subjek: Berkas<spasi>nomor_pendaftaran.
- Jika berkas sesuai ketentuan, Calon Pendaftar menerima Bukti Penerimaan Berkas.
KETENTUAN BERKAS
- Berkas Persyaratan
- Fotocopy dan Scan KTP Orang Tua/Wali sebanyak 1 lembar
- Fotocopy dan Scan Kartu Keluarga (KK) sebanyak 1 lembar
- Fotocopy dan Scan Akta Kelahiran Anak sebanyak 1 lembar
- Fotocopy dan Scan Surat Keterangan dari Sekolah (Surat Keterangan Berkelakuan baik/Surat Aktif Sekolah/dsb) yang minimal mencantumkan Nama dan NISN.
- Foto Berwarna ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar di tempel di formulir
- Berkas Daftar Ulang
- Menyerahkan Fotocopy Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan KTP Orang Tua/Wali
- Menyerahakn Fotocopy Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Jenjang Sebelumnya
- Menyerahkan Fotocopy Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKB) dari Sekolah/Madrasah asal atau Instansi yang berwenang.
- Menyerahkan Fotocopy Ijazah dan SKHUN yang dilegalisir.
- Pas Foto berwarna 2×3 & 3×4 masing-masing 3 lembar.
- Fotocopy Kartu NISN.
- Mengisi Surat Pernyataan Siap mengikuti Ketentuan Sekolah dan Pesantren
- Khusus bagi calon santri/ siswa pindahan*** wajib menyerahkan raport asli, menyerahkan model 3855, surat keterangan pindah ( dari sekolah/madrasah asal dan di ketahui dinas setempat).
Tambahan:
- Surat Hasil Rapid Test Antigen
- Mengisi Surat Pernyataan Kesediaan Mondok.
- Mengisi Surat Pernyataan Keabsahan Berkas.
DAFTAR ULANG
Daftar ulang berlaku bagi Calon Pendaftar yang sudah lolos test masuk (jika diberlakukan test masuk).
- Calon Pendaftar membayar biaya awal masuk dengan minimal pembayaran sebesar 800.000,-.
- Calon Pendaftar melakukan konfirmasi pembayaran jika pembayaran dilakukan melalui transfer.
- Calon Pendaftar mengisi dan menyerahkan/mengirimkan Surat Pernyataan Siap mengikuti Ketentuan Sekolah dan Pesantren.
- Petugas Penerimaan membuat kwitansi pembayaran.
- Petugas Penerimaan menyerahkan kwitansi pembayaran.
KEUANGAN
SEMUA KEUANGAN YANG MASUK TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN DENGAN ALASAN APAPUN.
Pembayaran daftar dan biaya sekolah/ pondok bisa melalui transfer
SIlahkan Hubungi Admin Keuangna Untuk No Rekening 085722227925
(Ketika Bapak/ibu sudah melakukan transfer mohon konfirmasi dengan mengirimkan bukti transfer dan Nomor Pendaftaran/Registrasi ke 085722227925 (Andi Suandi, S.Pd.)
Link daftar online https://yaspidasukabumi.or.id/pssb/
PERUBAHAN DATA DIRI CALON PENDAFTAR
Perubahan data dapat dilakukan melalui:
- Akses laman https://yaspidasukabumi.or.id/pssb/portal, atau
- Mengisi kembali Formulir Pendaftaran dan menyerahkannya kepada Petugas Penerimaan.
PERUBAHAN DATA SEKOLAH/JURUSAN CALON PENDAFTAR
- Calon Pendaftar mengisi Formulir Perubahan Komponen.
- Calon Pendaftar menghubungi Petugas Penerimaan untuk konfirmasi pengisian Formulir Perubahan Komponen.
- Petugas Penerimaan memproses Formulir Perubahan Komponen.
- Calon Pendaftar menerima Tanda Bukti Terdaftar
PENGUMPULAN BERKAS CALON PENDAFTAR
- Calon Pendaftar mendatangi tempat pengumpulan berkas yang sudah ditentukan.
- Calon Pendaftar melampirkan Bukti Penerimaan Berkas untuk Berkas Persyaratan beserta Berkas Daftar Ulang kepada Petugas Penerimaan.
- Jika Bukti Penerimaan Berkas untuk Berkas Persyaratan tidak ada, Petugas Penerimaan meminta Calon Pendaftar untuk memenuhi ketentuan untuk Berkas Persyaratan. Jika Bukti Penerimaan Berkas untuk Berkas Persyaratan sudah ada, lanjut ke point selanjutnya.
- Petugas Penerimaan mengecek ulang kelengkapan Berkas Daftar Ulang.
- Jika berkas lengkap, Petugas Penerimaan memberikan Bukti Penerimaan Berkas Daftar Ulang kepada Calon Pendaftar.
A. PROSEDUR PENDAFTARAN
- Menghubungi Sekolah Tujuan Terlebih dahulu untuk mendapatkan surat penerimaan (Bagi Pindahan).
- Mengisi dan Menyerahkan Formulir Pendaftaran
- Membayar Biaya Pendaftaran
- Melengkapi Berkas Persyaratan
- Mengikuti Test Masuk untuk Pendaftar ke SMP IT YASPIDA dan MTS YASPIDA
- Melakukan Daftar Ulang
- Melengkapi Berkas Daftar Ulang
- BERKAS PERSYARATAN*
- Scan KTP Orang Tua/Wali
- Scan Kartu Keluarga (KK)
- Scan Akta Kelahiran Anak
- Scan Surat Keterangan dari Sekolah (Surat Keterangan Berkelakuan baik/Surat Aktif Sekolah/dsb) yang minimal mencantumkan Nama dan NISN.
- File Foto Berwarna ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar di tempel di formulir dan soft filenya.
* Hasil Scan/Softfile diupayakan dari berkas asli kemudian di kirim ke email pendaftaran@yaspidasukabumi.or.id dengan Subjek: Berkas<spasi>NomorPendaftaran.
B. KETENTUAN PEMONDOKAN
1. Disediakan lemari pakaian (sistem sewa selama tinggal)
2. Disediakan kasur dengan sistem hak milik
3. Makan 2 x sehari ( Pagi dan Sore)
4. Memiliki kitab pengajian (sesuai tingkatan/ kelas)
C. KETENTUAN SERAGAM
NO | TINGKAT | JENIS PAKAIAN |
1 | SD ISLAM TERPADU | PDU |
PDH | ||
Batik | ||
Seragam Olahraga | ||
Pramuka | ||
Dasi | ||
Baju Muslim | ||
Jas Almamater Pesantren | ||
Jas Almamater Sekolah |
2 | SMP ISLAM TERPADU / MTs YASPIDA | PDU |
PDH | ||
Batik | ||
Seragam Olahraga | ||
Pramuka | ||
Dasi | ||
Jas Almamater Sekolah | ||
Jas Almamater Pesantren | ||
Baju muslim |
3 | SMA PLUS / MA YASPIDA | PDU |
PDH | ||
Batik | ||
Seragam Olahraga | ||
Dasi | ||
Jas Almamater Sekolah | ||
Jas Almamater Pesantren |
4 | SMK TERPADU 1 (STM)/ SMK AGRIBISNIS TERPADU | PDU |
PDH | ||
Seragam Olahraga | ||
Wearpak (Baju Praktek) | ||
Dasi | ||
Jas Almamater Pesantren | ||
Jas Almamater Sekolah | ||
Batik |
5 | SMK TERPADU 2 (SMEA) | PDU |
PDH | ||
Seragam Olahraga | ||
Jas Almaamter Sekolah | ||
Dasi | ||
Jas Almamater Pesantren | ||
Baju Praktek | ||
Batik |
D. JADWAL KEGIATAN SANTRI/ SISWA
NO | WAKTU KEGIATAN | JENIS KEGIATAN | TEMPAT |
1 | KEPESANTRENAN | ||
03.30 – 04.10 WIB | Qiyam Al-Lail | Masjid | |
04.10 – 05.00 WIB | Shalat Subuh berjamaah dan dzikir | Masjid | |
05.00 – 06.15 WIB | Pengajian Kitab | Kelas | |
06.15 – 07.00 WIB | Makan pagi dan persiapan kegiatan sekolah | Asrama/ Pondok |
2 | SEKOLAH | ||
07.00 – 07.30 WIB | Tadarus dan Shalat Duha Bersama | Masjid | |
07.40 – 10.20 WIB | Kegiatan belajar mengajar ( KBM) | Kelas | |
10.20 – 10.40 WIB | Istirahat | ||
10.40 – 11.59 WIB | Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) | Kelas | |
11.59 – 12.30 WIB | Shalat Dzuhur berjama’ah | Masjid | |
12.30 – 13.45 WIB | Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) | Kelas | |
13.45 – 14.00 WIB | Istirahat | ||
14.00 – 15.20 WIB | Kegiatan Ektrakurikuler | Disesuaikan |
3 | KEPESANTRENAN | ||
15.25 – 15.40 WIB | Shalat Ashar Berjama’ah | Masjid | |
15.40 – 17.10 WIB | Pengajian Kitab | Masjid | |
17.10 – 18.00 WIB | Makan Sore dan Persiapan menjelang Shalat Magrib | ||
18.14 – 18.40 WIB | Shalat maghrib Berjama’ah | Masjid | |
18.40 – 21.00 WIB | Pengajian Kitab | Kelas | |
21.00 – 22.00 WIB | Belajar Malam | Pondok | |
22.00 – 03.30 WIB | Istirahat Malam | Pondok |
Catatan.
❖ Khusus Malam Jum’at : Tawasulan dan Dzikir
❖ Khusus bada berjamaah Subuh : Dzikir dan membaca Surat Yasiin
❖ Hari Jum’at ba’da Shubuh : Membaca Surat Yasiin, Al-Mulk, Al-Kahfi dan Surat Al-Waqiah
❖ Pengajian Hari Jum’at Sore : Qiroatul Qur’an (Lughomah)
❖ Malam Ahad : Latihan dakwah, Shalawat dan Albarjanji (Muhadloroh)
E. PENGAJIAN KITAB
NO | KELAS | NAMA KITAB | TEMPAT |
1 | Persiapan | Iqra/ Al-Qur’an | Kelas |
Jurumiyyah | |||
Safinah | |||
Tijan Daruri | |||
Mukhtar Al Hadits |
2 | 1 (Satu) | Al-Qur’an | Kelas |
Jurumiyyah | |||
Safinah | |||
Tijan Daruri | |||
Tuhfatul Athfal | |||
Akhlaq Lil Banin | |||
Ta’lim Muta’lim | |||
Mukhtar Al-Hadits | |||
Tasrifan | |||
Yakulu | |||
Imriti | |||
3 | 2 (Dua) | Al-Qur’an | Kelas |
Jurumiyyah | |||
Safinah | |||
Tijan Daruri | |||
Tuhfatul Athfal | |||
Khulashoh Nurul yaqin 1 & 2 | |||
Ta’lim Muta’lim | |||
Mukhtar Al-Hadits | |||
Sorfu Kaelani | |||
Tashrifan | |||
Qiyasan | |||
Hadits Al Arba’in | |||
Narqib (I’roban) | |||
4 | 3 (Tiga) | Al-Qur’an | Kelas/Masjid |
Tafsir Jalalain | |||
Durrotun Nasihihin | |||
Fathul Qarib | |||
Kifayatul Akhyar | |||
Alfiyah | |||
Fathul Mu’in | |||
Bulughul Marom | |||
Muroqiyyul Ubudiyah | |||
Kifayatul Awam | |||
Ta’lim Muta’lim | |||
Mukhtar Al Hadits | |||
Imriti | |||
Yakulu | |||
Tanwirul Qulub |
F. FASILITAS SEKOLAH
· Ruang kelas milik sendiri | · Ruang Sekretariat PASPAMDA |
· Ruang praktek listrik | · Ruang Sekretariat POLSANDA |
· Ruang praktek teknik kendaraan ringan | · Musik Room |
· Ruang perpustakaan yang refresentatif | · Lab. Sekretaris |
· Lab. Komputer | · Lab. Farmasi |
· Lab. Administrasi Perkantoran | · Lab. Multimedia |
· Lab. IPA | · Klinik santri |
· Lab. Mesin | · Ruang penyiaran radio Darussyifa |
· Sarana perkantoran tiap komponen | · Lapang basket |
· Kantin sekolah/ Koperasi | · Lapang futsal |
· Ruang OSIS dan BP | · Lapang bola voli |
· Ruang struktural dan guru | · Lapang bulu tangkis |
· Ruang kesiswaan | · Lapangan tenis meja |
· Ruang ekstrakurikuler | · Gedung Olahraga dan Seni Santri |
· Ruang Sekretariat PASGARRDA | · Gedung Auditorium |
· Ruang praktek teknik komputer jaringan | · Jasa Foto Copy dan ATK |
· Warung internet |
G. FASILITAS PESANTREN
G | FASILITAS | NO | FASILITAS |
1 | Masjid | 11 | Tempat Peristirahatan Orang Tua |
2 | Majlis | 12 | Kantor pengurus/ organisasi santri Unit Usaha : |
3 | Ruang Pengajian | a. Sapi Perah | |
4 | Kamar/ Asrama Putri | b. Budidaya Perikanan | |
5 | Kamar Mandi+WC Putra | c. Budidaya Pertanian | |
6 | Kamar/ Asrama Putra | d. AMDK | |
7 | Kamar Mandi+WC Putri | 13 | Klinik Kesehatan Santri |
8 | Koperasi Putera dan Putri (kantin santri) | 14 | Program Tahunan : |
9 | Pusat pembelajaran santri | a. Ziarah Wali Songo | |
10 | Sarana konsultasi santri | b. Pelaksanaan Qurban | |
c. PHBI | |||
15 | Pusat Informasi Pesantren | ||
16 | Darussyfa Laundry |
H. KEGIATAN EXTRAKURIKULER
NO | KEGIATAN | NO | KEGIATAN |
1 | Marawis, Qasidah dan Hadroh | 13 | Kaligrafi |
2 | Pidato Dua Bahasa | 14 | English Club dan Arabic club |
3 | Drum Band/ Marching Band | 15 | Pencak Silat |
4 | Band Islami | 16 | Bidang Olah Raga (volley ball, basket, futsal, memanah, berkuda, karate, tekwondo dll) |
5 | Wirausaha (beternak sapi kerbau dan domba), perikanan dan pertanian | 17 | Dakwatul Islamiah |
6 | PASKIBRA | 18 | Rental Komputer |
7 | PRAMUKA | 19 | Kursus Komputer |
8 | PASPAMDA | 20 | Pecinta Alam |
9 | PASGARRDA | 21 | Sains club |
10 | POLSANDA | 22 | Tahfidzul Quran |
11 | PMR | 23 | Kursus mengemudi |
12 | Qiroat |
Jadwal Pendaftaran SMP IT & MTS
1. Gelombang 1 : 03 Januari s/d 05 Maret 2022
2. Gelombang 2 : 07 Maret s/d 07 Mei 2022
3. Gelombang 3 : 09 Mei s/d 02 Juli 2022
Jadwal Tes Masuk SMP IT & MTs
1. Gelombang 1 : 06 Maret 2022
2. Gelombang 2 : 08 Mei 2022
3. Gelombang 3 : 03 Juli 2022
Waktu Tes : 08.00 WIB s/d Selesai
Materi Tes Masuk SMP IT & MTs
1. Tes akademik, ( PAI, Matematika, IPA, B.Inggris)
2. Tes BTQ, Kaifiyah ibadah, Hapalan do’a harian
3. Tes wawancara (calon santri dan orang tua)
Jadwal daftar ulang dan Pemberkasan
1. Gelombang 1 : 28 s/d 5 Maret 2022 (SD/SLTA), 06 Maret 2022
(SMP/MTS)
2. Gelombang 2 : 2 s/d 7 Mei 2022 (SD/SLTA), 08 Mei 2022 (SMP/MTS)
3. Gelombang 3 : 4 s/d 9 Juli 2022 (SD/SLTA), 03 Juli 2022 (SMP/MTS)