skip to Main Content
Gelar Santunan Anak Yatim Kepada Santri Siswa Yaspida Dalam Peringatan 10 Muharram ( Hari Asyura)

Gelar Santunan Anak Yatim Kepada Santri Siswa Yaspida Dalam Peringatan 10 Muharram ( Hari Asyura)

Yaspida, Hari Asyura adalah hari ke-10 pada bulan Muharram dalam Kalender Hijriyah. Sedangkan asyura sendiri berarti kesepuluh. Diantara salah satu nikmat yang di berikan oleh Allah SWT kepada hamba-hambanya, adalah pergantiannya musim-musim kebaikan, yang datang mengikuti perputarannya hari, bulan dan tahun.

Ketua Umum Yayasan Dr. Hj. Lani Melani, M.MPd. didampingi Sekretaris Yayaysan M. Rahmat Adikusumah, S.E., M.Si sedang memberikan tausiah kepada santri/siswa yaspida yatim piatu

Dalam perputaran kalender hijriah, ada 4 bulan yang sangat di muliakan oleh islam atau bisa juga di sebut Al-Asyhurulhurul yaitu, Bulan Dzulqadah, Bulan Dzulhijjah, Bulan Muharam dan Bulan Rajab. Berbicara mengenai Al-Asyuhurulhurul, disana terdapat bulan Muharram dimana bulan tersebut adalah bulan pertama di kalender hijriyah dan dibulan tersebut banyak sekali keutamaan-keutamaan dan amalan-amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan orang shalih.

Dari sekian banyaknya keutamaan-keutamaan ditiap harinya, terdapat salah satu hari yang paling dimuliakan oleh Allah SWT yaitu hari kesepuluh dibulan muharram, hari tersebut juga sering disebut sebagai hari Asyura dan pada hari tersebut terdapat beberapa amalan-amalan yang disunahkan yaitu SBB :
1. Solat Asyura
2. Puasa
3. Bersodaqoh
4. Mandi
5. Ziarah kepada orang shalih
6. Memotong kuku
7. Membaca surah Al-Ikhlas (1000x)
8. Bersilaturahmi
9. Meluaskan belanja untuk keluarganya dan
10. Mengusap kepala anak yatim.


Developer Website : Rahman Ramdhani, S.T

Photo & Redaksi : Rahman Ramdhani, S.T

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top